Assignment 2 (part 2): Analisis Data Pribadi dari Instagram

ANALISIS DATA PRIBADI

 LATAR BELAKANG

Di era globalisasi ini, social media menjadi sarana untuk menuangkan fikiran serta pengalaman yang dialami oleh seseorang. Pada zaman yang sudah serba digital ini, dimanapun dan kapanpun banyak orang yang membagikan pengalaman hidupnya untuk dilihat oleh orang lain dengan menggunakan teknologi, yaitu smartphone. Bahkan saat ini, dimanapun orang tidak akan terlepas dari telepon genggamnya atau yang sering kita bilang sebagai gadget. Contoh social media yang terus digunakan oleh banyak orang adalah instagram. Instagram bisa dikatakan menjadi social media yang pasti kebanyakan orang sering menggunakannya. Apalagi sekarang ini instagram sudah mengeluarkan fitur, yaitu instagram story, yang mana setiap orang bisa membagikan apa yang sedang dilakukannya pada saat itu, dan bisa dilihat oleh banyak orang. Instagram pada khususnya adalah tempat dimana kita membagikan foto-foto kita. Bisa juga sebagai sarana, dalam menyimpan kenangan berupa foto agar dapat dilihat dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, akan saya jelaskan, analisis mengenai data diri saya sendiri yang akan saya ambil dari instagram.

MASALAH

  1. Mengapa instagram sangat berpengaruh bagi diri saya untuk mengeskpresikan kehidupan saya?
  2. Mengapa saya lebih senang membagikan foto melalui instagram dibandingkan media social lainnya?

TUJUAN

  1. Untuk mengetahui jenis foto seperti apa yang sering saya bagikan
  2. Untuk mengetahui siapa saja yang saya ikuti untuk menjadi teman dalam instagram saya

ANALISIS

  1. Hasil analisis yang saya lakukan pertama kali adalah, seberapa banyak saya membagikan foto diri saya sendiri atau selfie, foto diri saya sendiri disuatu tempat, dan membagikan foto saya bersama kerabat, saudara, serta keluarga saya sendiri.
TEMA FOTO JUMLAH FOTO
Selfie 15
Bersama teman, saudara, keluarga 14
Disuatu tempat 8


1.1 tema foto yang saya bagian pada akun pribadi

foto instagram

Dilihat dari grafik diatas, saya lebih banyak membagikan foto selfie saya sendiri. Lalu saya juga senang membagikan foto kebersamaan, bersama kerabat saya, saudara, serta keluarga saya. Saya memang gemar berfoto, dan alasan saya mengapa saya tidak banyak membagikan foto kebersamaan, karena ketika saya bersama dengan orang-orang terdekat saya, saya merasa disaat sedang bersama, saya lebih menikmati momen kebersamaan itu, dan terkadang lupa untuk mengabadikannya dengan berfoto, meskipun itu memang penting, karena mengabadikan foto itu akan membuat kita mengenang apa yang sudah terjadi dalam hidup kita. Dan alasan saya tidak banyak membagikan foto saya disuatu tempat adalah, tidak semua tempat yang saya kunjungi itu menarik, biasanya saya akan berfoto apabila menurut saya tempat itu cukup menarik, dan bagus untuk saya ambil gambar. Itulah alasan mengapa saya tidak banyak membagikan foto saya diri yang sedang berada disuatu tempat.

  1. Analisis yang saya lakukan selanjutnya adalah mengenai akun yang saya ikuti untuk saya jadikan teman dalam akun instagram saya.
FOLLOWING JUMLAH
Teman 80%
Artis 15%
Official Account 5%


1.2 akun yang saya ikuti/following

following

Pada akun instagram saya, saya lebih banyak memfollow teman saya sendiri, begitu pula mengenai foto yang lebih sering saya sukai adalah foto temanteman saya sendiri, lalu kemudian ada beberapa artis yang saya ikuti. Biasanya artis yang saya sukai, akan saya cari instagramnya dan saya ikuti, untuk melihat foto-foto yang mereka bagikan, dan terkadang pun saya suka menyukai beberapa foto mereka. Official account yang saya ikuti haya beberapa saja, contohnya adalah 9GAG, lambe_turah, dan ada pula beberapa yang saya ikuti untuk saya lihat foto yang mereka bagikan.

Saya memang lebih senang menggunakan social media instagram, dibandingkan social media lainnya, karena menurut saya instagram memiliki fitur yang bagus, dan saya senang menggunakannya.

Alasan saya lebih senang menggunakan instagram juga, karena kebanyakan teman saya pun menggunakan social media instagram, yang sangat membantu saya untuk berkomunikasi dengan teman-teman saya. Juga meskipun saya sudah lama tidak bertemu dengan teman saya, saya bisa melihat seperti apa teman saya sekarang, karena saya bisa menggunakan instagram untuk melihat foto apa yang teman-teman saya bagikan.

KESIMPULAN

Instagram menjadi wadah bagi saya untuk membagikan foto dan apa yang terjadi dalam hidup saya. Saya bisa mengeskpresikan kehidupan saya dengan membagikan beberapa foto kepada teman-teman yang memfollow instagram saya. Pada instagram, saya lebih banyak memfollow temanteman saya, dibandingkan dengan artis, dan official account, karena dengan memfollow instagram teman saya, saya dapat berkomunikasi dengan mudah.

Pada instagram, saya lebih banyak membagikan foto diri saya sendiri atau selfie. Jarangnya saya membagikan foto kebersamaan bersama teman, saudara, ataupun keluarga saya adalah, karena ketika sedang bersama saya lebih menikmati kebersamaan yang ada, tanpa berfikir untuk mengabadikannya lewat berfoto bersama.

Sumber: https://www.instagram.com/nadakhryyh/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *